Anak-anak menghabiskan waktunya dengan bermain dan bergerak aktif. Namun, setelah masuk sekolah, mau tidak mau jam main harus dikurangi. Meski begitu, bukan berarti mereka tidak bisa tetap aktif bermain bersama temannya.

Selain menghindarkan anak dari bermain di luar rumah tanpa pengawasan, kegiatan ekskul ternyata memberikan banyak manfaat lainnya. Apa saja? Berikut manfaat ekstrakurikuler olahraga di sekolah untuk anak.

Meningkatkan aktivitas fisik bagi anak
Nonton TV sambil ngemil, bisa membuat anak makan lebih banyak dari porsi seharusnya. Energi yang dihasilkan juga tidak digunakan dengan baik sehingga menumpuk dan membuat berat badan naik.

Saat mengikuti ekskul olahraga, anak akan menjadi lebih aktif bergerak. Dengan begitu, waktunya untuk bersantai dan makan makanan tidak sehat bisa dikurangi.

Menyehatkan tubuh anak
Anak yang mengikuti klub olahraga, pasti akan jauh lebih sehat. Kenapa? Ekstrakurikuler olahraga tersebut tentu mengharuskan anak untuk mengikuti latihan penunjang secara rutin.

Studi yang diterbitkan pada Biological Psychiatry menunjukkan bahwa orang yang depresi memiliki ukuran hippocampus otak yang menyusut. Kondisi tersebut menyebabkan orang yang depresi akan sulit berkonsentrasi dan berpikir jernih.

Peneliti sepakat bahwa ekskul olahraga memberikan manfaat pada otak anak yang memiliki depresi. Ditambah lagi, aktivitas ini juga bisa meningkatkan mood, fungsi kognitif, dan daya ingat anak.

Membentuk kepribadian anak
Selain menyehatkan untuk tubuh, kegiatan ekstrakurikuler olahraga di sekolah juga membantu membentuk kepribadian anak. Demi mencapai kemenangan atau hasil yang diinginkan, anak akan tekun berlatih. Dari sana, ia juga dilatih untuk mengembangkan rasa percaya dirinya.

Anak yang mengikuti aktivitas ini di sekolah, cenderung lebih mematuhi peraturan dan disiplin. Selain itu, anak juga akan lebih mudah untuk belajar menerima kekalahan dan menerima kritik.

Mengembangkan kemampuan sosialisasi anak
Kebanyakan ekskul olahraga di sekolah dilakukan secara berkelompok. Anak akan bertemu anak dari kelas lain, bahkan sekolah lain. Selain memperluas lingkaran pertemanan anak, ia juga dapat mempelajari banyak hal, seperti kerja sama, sosialisasi, dan kemampuan untuk berkomunikasi.

Meningkatkan prestasi anak di sekolah
Kegiatan yang menyenangkan selama mengikuti klub olahraga, bisa mendorong anak untuk rajin mengikuti kelas. Selain itu, aktivitas fisik yang dilakukan anak ini juga memungkin memperlancar aliran darah di otak sehingga membuat anak mudah konsentrasi, memiliki daya ingat yang lebih tajam, dan dapat berpikir dengan jernih.

Apalagi, jika anak memperoleh prestasi dari kegiatan klub tersebut, kemungkinan anak untuk melanjutkan pendidikan juga lebih mudah dengan mulai banyaknya institusi pendidikan yang menyediakan beasiswa non-akademis.

Yuk Moms pilih olahraga yang tepat untuk si buah hati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here