Banyak calon pengantin yang disarankan mengiktui konseling pernikahan sebelum menikah. Apa fungsinya? Pada dasarnya, berbeda-beda tujuan dan juga alasan, apakah Anda dan pasangan harus pergi atau tidak. Tapi, kalau nyatanya dengan pergi ke konseling pernikahan membawa manfaat tersendiri bagi Anda, kenapa tidak?

Simak beberapa manfaat mengikuti konseling pernikahan sebelum menikah yang harus Anda tahu.

Menghadapi isu-isu ke depannya dalam rumah tangga
Calon pasangan yang pergi ke konseling pernikahan akan menanyakan yang paling sering menyebabkan perceraian dalam rumah tangga. Misalnya, bagaimana dan dengan cara apa anak Anda berdua akan dibesarkan. Lalu, apa yang akan Anda berdua lakukan ketika muncul pertengkaran. Selain membahas isu-is rumah tangga tersebut, mengikuti konseling pernikahan juga akan mengubah perasaan negatif calon pasangan, sebelum perasaan tersebut menjadi sesuatu yang lebih besar menghancurkan rumah tangga.

Berbagi pengalaman dengan konselor
Sering kali, minimnya pengalaman akan mengarahkan Anda ke jalan yang salah. Inilah alasan Anda dan pasangan pergi ke konseling pernikahan. Yaitu untuk berbagi pengalaman tentang apa saja yang akan dihadapi saat mengarungi kehidupan rumah tangga nanti. Konselor penikahan telah melewati banyak pengalaman untuk membantu pasangan menyelesaikan biduk rumah tangganya. Dengan begitu, Anda dan pasangan akan memiliki wawasan masalah yang akan timbul, sebelum mengambil langkah besar kedepannya.

Menyadari untungnya menikah
Menikah pastinya tidak akan dilakukan kalau tidak ada sama sekali keuntungannya. Tiap pasangan yang sebelumnya Anda lihat sempurna, bagai tanpa beban pernikahan, nyatanya banyak dari mereka yang meminta bantuan dari pihak luar untuk bisa mengatasi segala masalahnya. Nah, dengan pergi ke konseling pernikahan inilah Anda bisa mengetahui esensi keuntungan menikah yang sebenarnya. Saat Anda pergi ke konseling pernikahan Anda akan belajar bagaimana berkompromi dan bekerja sama dengan pasangan untuk mendapatkan kebahagiaan dari hubungan serius yang Anda jalani.

Mengajarkan komunikasi yang efektif
Salah satu aspek yang paling penting dari pernikahan adalah komunikasi yang efektif. Ketika Anda dan pasangan berhenti atau bahkan jarang berkomunikasi, ujungnya pernikahan akan menjadi berantakan. Dengan pergi ke konseling pernikahan, Anda akan dibantu menjadi pendengar yang baik, sehingga Anda tahu apa yang pasangan inginkan dan butuhkan, begitu juga sebaliknya. Pasangan yang bisa mempertahankan komunikasinya, kemungkinan rumah tangganya akan bertahan lebih lama daripada yang tidak.

Membantu Anda dan pasangan mengelola keuangan setelah menikah
Pergi ke konseling pernikahan dapat membantu Anda membuat anggaran keuangan yang tepat saat berumah tangga dan mencari tahu siapa yang akan bertanggung jawab pada anggaran tertentu. Setidaknya hal ini akan membantu Anda untuk merencanakan hal-hal dalam pernikahan nanti tanpa ada perdebatan diantara Anda berdua.

Menggali hal baru saat menikah nanti
Saat pernikahan nanti dimulai, ada banyak hal baru yang akan Anda temukan dan langsung Anda hadapi. Anda hanya perlu bantuan konselor pernikahan yang akan merefleksikan sesuatu yang terjadi dalam rumah tangga. Contohnya, seperti bagaimana berlaku dan bersikap kepada mertua atau bagaimana sistem mendidik anak.

Mencegah perceraian
Hal paling penting mengenai alasan pergi ke konseling pernikahan adalah, untuk mencegah perceraian. Studi menunjukkan, pasangan yang pergi ke konseling pernikahan akan 30 persen lebih kecil kemungkinan untuk bercerainya daripada yang tidak. Mengapa demikian?

Konseling pernikahan berperan untuk membantu meningkatkan segi kebahagian pada kehidupan pernikahan nantinya. Setelah itu, konselor akan mengidentifikasi ketakutan, nilai-nilai, keyakinan, kebutuhan, dan keinginan Anda yang akan terbangun pada yang namanya pernikahan. Tapi, manfaat mengikuti konseling pernikahan yang paling mendasar dan sering dilakukan adalah mencegah dan menghindari perceraian.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here