Selamat! Sebentar lagi kamu bakal memasuki babak baru yang tantangannya bukan hanya soal masa depan saja, tapi kesehatan kulit wajahmu juga. Perawatan kulit di usia 30 berbeda dengan saat kamu masih usia 20-an. Jika dulu kamu masih berkutat dengan masalah komedo atau jerawat, kini kamu bakal berhadapan dengan masalah tanda-tanda penuaan alias kemunculan kerutan-kerutan di wajahmu.

Memang sih, baiknya pencegahan penuaan itu dilakukan sejak usiamu masih 25-an. Tapi kalau usiamu sudah mendekati usia 30, belum terlambat buatmu untuk mempersiapkan kulit wajah agar lebih tahan terhadap tanda-tanda penuaan.

Persenjatai wajahmu dengan produk-produk skincare berikut…

Kamu perlu menggunakan produk eksfoliasi kulit lebih sering untuk mengatasi penumpukan sel kulit mati yang bikin kulit kusam
Jika selama ini kamu menggunakan scrub untuk mengeksfoliasi kulit, di usia ini, cobalah menggunakan perawatan chemical exfoliants. Perawatan ini akan membuka pori-pori yang tersumbat dan mengangkat sel-sel kulit mati tanpa melewati proses pengikisan berat atau menyebabkan iritasi fisik. Berbeda dengan scrub, teknik ini menggunakan produk yang mengandung AHA atau BHA yang mampu meluruhkan sel kulit mati dengan lembut.

Jika hingga saat ini kamu belum pernah pakai hydrating toner, maka sekaranglah saatnya
Hydrating toner mengandung pelembap yang dapat mengunci kadar air dalam kulit sehingga kulit akan tampak lebih kenyal dan nggak dehidrasi. Selain itu, hydrating toner juga berfungsi menyeimbangkan kadar pH kulit. Biasanya hydrating toner mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan sodium PCA. Gunakan hydrating toner setelah mencuci wajah, ya!

Diusia ini, kamu wajib pakai serum untuk menutrisi kulit wajah dan fokus menangani masalah kulit
Serum punya konsentrasi kandungan aktif yang lebih tinggi daripada produk lainnya. Tiap tetes serum punya kandungan yang dikhususkan untuk menangani masalah serta kebutuhan kulit secara spesifik. Ada baiknya serum yang kamu pilih mengandung antioksidan dan bahan-bahan yang melawan tanda-tanda penuaan. Gunakan setelah menggunakan toner dan sebelum pelembap.

Area bawah mata adalah yang rentan berkerut di usia 30-an, makanya penting buatmu untuk menggunakan eye cream
Kulit seputar area mata lebih tipis dibanding bagian wajah lainnya, itulah kenapa kerutan dan lingkaran hitam akan lebih dulu muncul di area mata. Untuk mencegahnya, mulailah menggunakan eye cream yang kaya niacinimide, vitamin B3, dan antioksidan yang berfungsi sebagai pencegah garis halus dan meminimalisir lingkar hitam di area kulit mata. Gunakan setelah pakai pelembap.

Sunscreen atau tabir surya juga menjadi salah satu produk skincare yang nggak boleh terlewatkan untuk melindungi kulit dari paparan matahari
Oleskan sunscreen dengan minimal SPF 30 setiap harinya sebelum mengenakan make-up, terkhusus jika kamu akan ke luar ruangan. Sunscreen akan melindungi kulit dari dampak buruk UVA yang menyebabkan rusaknya kolagen serta menimbulkan flek hitam pada kulit.

Gunakan krim anti-aging yang mengandung retinoid setaip malam hari sebelum tidur.
Sama seperti pakai krim malam gitu, Retinoid memiliki formula kuat untuk merangsang regenerasi kulit dan mengatasi berbagai tanda penuaan karena merupakan vitamin A murni. Retinol adalah salah satu turunan retinoid yang paling banya digunakan dalam produk kecantikan. Pilihlah krim anti-aging yang mengandung retinoid dan gunakan setiap malam hari.

Jangan tinggalkan masker wajah juga agar wajah selalu kencang dan ternutrisi
Menggunakan masker wajah sekali dalam seminggu sangat penting dilakukan, terlebih jika usiamu menginjak 30-an. Fungsi masker bagi wajah antara lain menutrisi kulit, membersihkan kulit wajah secara menyeluruh, mengencangkan kulit wajah, detoksifikasi, hingga meredakan masalah kulit, termasuk kerutan di wajah. Kamu juga bisa membuat adonan masker sendiri dengan menggunakan bahan-bahan alami.

Nggak ada kata terlambat untuk mencegah tanda-tanda penuaan di usiamu yang memasuki gerbang 30-an. Jangan tunda lagi, lakukan dari sekarang!

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here