Membangun bisnis bersama rekan kerja bukanlah hal yang asing lagi pada pendengaran kita, sebab sebagian orang memang kerap memilih bekerja sama dalam membangun bisnis mereka, entah itu bersama keluarga atau bahkan rekan kerja. Hal ini akan membutuhkan sejumlah persiapan yang matang, mengingat kerja sama ini akan menyatukan dua pemikiran yang berbeda dalam satu usaha.

Mental yang kuat dan juga kerja keras dari Anda dan rekan tentu akan sangat dibutuhkan dalam hal ini, sehingga bisnis tersebut bisa berjalan dengan baik di masa yang akan datang. Pastikan Anda dan juga rekan memiliki komunikasi yang baik, sehingga berbagai masalah dan juga kendala yang akan muncul nanti bisa diatasi bersama.

Simak beberapa tips berikut ini, yang penting untuk dicermati ketika akan membangun bisnis bersama rekan kerja:

Aturan yang Jelas dan Perjanjian yang Sah
Bisnis yang dibangun bersama tentu akan melibatkan sejumlah modal bersama juga, dan ini menjadi hal yang wajib dibicarakan sejak awal. Uang seringkali menjadi masalah yang sensitif, sehingga penting untuk menentukan aturan dan juga berbagai kebijakan bisnis dengan baik.

Jangan sampai Anda menganggap ini masalah yang sepele, sebab mulus atau tidaknya perjalanan bisnis tentu akan dimulai dengan sejumlah kebijakan yang diterapkan dengan tepat sejak awal.

Membicarakannya saja tentu tidak cukup, Anda juga harus membuat surat perjanjian yang sah atas usaha yang akan dijalankan berdua tersebut. Hal ini sangat penting untuk menjaga hak dan kewajiban berdua di masa yang akan datang. Seiring dengan berjalannya waktu, segala sesuatunya bisa saja berubah, termasuk pemikiran Anda dan juga rekan kerja. Untuk itu, antisipasi konflik dengan tepat, yakni dengan membuat surat perjanjian kerja sama yang legal.

Pahami Kemampuan Masing-masing Sejak Awal
Apapun jenis usaha yang akan dijalankan bersama, tentunya hal ini akan sangat membutuhkan kemampuan yang baik dari Anda berdua selaku pemiliknya. Untuk itu, pahami dengan baik kemampuan Anda bersama rekan kerja. Jangan sampai menjalankan usaha yang sama sekali tidak dikuasai bersama rekan tersebut, sebab hal ini bisa saja menimbulkan sejumlah kerugian di masa yang akan datang.

Pilihlah jenis usaha yang memang mampu dikuasai berdua, setidaknya ini akan sangat membantu untuk bisa mengatasi masalah dan kendala lainnya yang mungkin timbul di masa yang akan datang.

Miliki Visi dan Misi yang Sejalan
Bukan hanya kemampuan saja, namun Anda dan juga rekan kerja harus memiliki visi dan misi yang sejalan. Bicarakan hal ini dengan baik sejak awal, agar Anda berdua bisa mengupayakan berbagai hal terbaik untuk kemajuan usaha tersebut.

Jangan sampai Anda dan juga rekan kerja tidak memiliki visi dan misi yang sama, sebab ini akan membuat Anda berdua kemungkinan akan menjalankan bisnis tersebut secara serampangan. Jika sudah begini, maka sejumlah konflik dan kerugian akan sangat mungkin muncul dan mengacaukan semuanya, bukan?

Pembagian Tugas dan Jabatan yang Tepat
Tugas-tugas yang ada juga harus dibagi secara merata, sehingga Anda berdua akan memiliki tanggung jawab yang sama di dalam usaha tersebut. Kemampuan Anda dan juga rekan kerja tersebut sangat mungkin berbeda, sehingga ini bisa memungkinkan Anda untuk membagi posisi / jabatan dengan lebih mudah.

Sesuaikan kemampuan Anda dan rekan tersebut dengan jabatan yang harus diisi di dalam perusahaan, sehingga semua pekerjaan dapat ditangani dengan efektif. Pastikan Anda berdua akan menduduki posisi yang seharusnya, artinya sesuai dengan kemampuan dan juga kebutuhan perusahaan.

Biasakan Berdebat dengan Sehat
Tidak ada usaha yang berjalan mulus tanpa kendala sama sekali, begitu juga dengan usaha Anda nanti. Sejumlah kendala sangat mungkin muncul dan membuat Anda berselisih pendapat di kemudian hari, ini hal yang sangat wajar, namun butuh penyelesaian yang sangat tepat.

Biasakan untuk berkomunikasi dan bahkan berdebat dengan sehat, sehingga Anda dan rekan kerja tersebut dapat menyelesaikan berbagai masalah di perusahaan secara bersama-sama. Jangan memendam sejumlah masalah tanpa menyelesaikannya terlebih dahulu, sebab ini bisa saja memicu perpecahan di suatu waktu nanti.

Bangun Kepercayaan dan Jalankan Bisnis secara Profesional
Ketika berbisnis, Anda wajib memiliki kepercayaan terhadap rekan bisnis. Hal ini akan membangun rasa saling memiliki dan membutuhkan antara Anda dengan rekan kerja tersebut, sehingga kedua belah pihak akan saling menjaga dan mengupayakan yang terbaik bagi usaha yang sedang dijalankan.

Keuangan dan Pembukuan yang Transparan
Jangan lupa untuk memiliki pengaturan keuangan yang transparan, termasuk dengan pembukuan di usaha yang Anda berdua jalankan tersebut. Ini akan mempermudah Anda berdua untuk mengawasi usaha yang Anda jalankan tersebut. Termasuk mengupayakan berbagai hal terbaik yang dapat meningkatkan dan memajukan usaha itu sendiri. Bukan hanya itu saja, bisa juga saling mengingatkan, jika sewaktu-waktu salah satu di antara Anda mulai lari dari visi dan misi perusahaan.

Lakukan dengan Terbuka dan Sebagaimana Mestinya
Menjalankan bisnis bersama dengan rekan kerja akan memberikan tantangan tersendiri. Bukan hanya dalam pengelolaannya saja, namun Anda dan rekan kerja juga bahkan harus memiliki visi dan misi yang sama sejak awal, sehingga usaha tersebut bisa berjalan dan bertumbuh sesuai dengan harapan.

Selamat mencoba membua bisnis baru ladies..

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here