Ingin tahu hal apa yang harus dilakukan setelah facial wajah dan yang nggak? Biasanya kondisi ideal wajah kamu setelah facial akan terasa lebih halus dan lembut, namun bisa juga menjadi mendadak sensitif. Itu sebabnya merawat kulit setelah facial wajah itu penting banget.

Nggak cuma mobil aja yang diservis teratur, wajah juga perlu diberikan servis terbaik dan teratur. Perawatan wajah ini dapat membantu mengurangi dampak stres lingkungan dan kebiasaan sehari-hari kita. Nah supaya biaya yang kamu keluarkan untuk facial (yang bikin kantong menjerit) nggak sia-sia, berikut ini hal yang harus dilakukan setelah facial wajah dan yang tidak setidaknya 4-6 minggu.

Skip makeup
Jika wajah kamu terlihat merah dari pengelupasan atau ekstraksi di wajah, kamu mungkin tergoda untuk mengeluarkan concealer yang full coverage. Please, jangan dulu. Sejal Shah, MD, ahli dermatologi bersertifikat, dalam advisnya memberi tahu bahwa wajah yang selesai facial baru saja dilakukan pembersihan yang begitu dalam. Jadi pilihan yang bijak banget untuk lepas dari makeup dan heavy products selama 1-2 hari, karena pori-pori kamu lebih terbuka dari biasanya dan karena itu rentan terhadap lebih banyak bakteri. Istirahat dari makeup juga membuat serum, krim atau peeling saat facial jadi bekerja lebih efektif. Oh ya, ketika akan mulai pakai makeup lagi, pastikan kuas dan aplikator kamu sudah dibersihkan ya, sebelum dipakai di wajah kamu.

Pelan-pelan saat cuci muka
Ingat, kulit kamu sangat sensitif setelah facial wajah sehingga kamu harus ekstra hati-hati nih setelahnya. Pastikan kamu memijat wajah dengan lembuh dan gunakan pembersih wajah dapat menghilangkan kotoran namun juga dapat menghidrasi.

Eksfoliating toner
Direkomendasikan sama banyak ahli nih, untuk nggak menggunakan exfoliating toner selama 1-2 hari setelah facial. Mengingat exfoliating toner fungsinya untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada wajah. Kalau kamu menggunakan exfloiating toner dalam waktu yang berdekatan setelah facial, yang terjadi malah kulit kamu jadi kering atau malah iritasi.

Hindari sauna dulu
Menggoda banget yaahh, karena sebagian besar spa atau gym sering memiliki semacam ruang uap atau sauna yang tersedia. Setelah kamu melakukan facial wajah, jauhi ruangan sauna setidaknya 1-2 hari karena kulit kamu sudah di steamed maksimal saat facial. Kalau kamu tambahkan lagi ini bisa menyebabkan sensitivitas dan kapiler rusak.

Workout
Pengen sih rasanya olahraga, namun sebaiknya tunggu 1 hari setelah facial ya. Peningkatan suhu tubuh saat olahraga dan keringat bisa menyebabkan iritasi pada kulit yang baru terkelupas setelah facial wajah.

Jauhi sinar matahari
Paling nggak, kamu harus membatalkan rencana untuk duduk di tepi kolam renang atau pantai setelah facial wajah— kecuali jika kamu berencana untuk bersembunyi di balik topi bertepi lebar sepanjang waktu. Karena kulit yang baru saja dikelupas, akan menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap sinar matahari yang berbahaya. Setelah beberapa hari kemudian, kamu bisa kok nggak khawatir lagi kalau kulit akan bereaksi negatif sama sinar matahari. Tapi sebaiknya tetap gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih untuk memberikan perlindungan ekstra.

Jadi, sayangi kulitmu ya 😉

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here