Menjalani LDR tidaklah mudah. Anda dan pasangan tentu perlu beradaptasi terhadap banyak perubahan yang terjadi. Sayangnya, tidak semua pasangan menyadari bahwa proses adaptasi perlu dimulai bahkan dari sebelum menjalani LDR.

Guna mempermudah prosesnya, berikut sederet tips yang bisa Anda terapkan sebelum menjalani LDR :

Membicarakan kebutuhan Anda dan pasangan
Tips pertama yang perlu dilakukan pasangan sebelum menjalani LDR adalah membicarakan kebutuhan dan keinginan masing-masing. Ungkapkan perasaan Anda dengan jujur serta harapan Anda kepada pasangan selama menjalani LDR ini.

Anda mungkin merasa takut dan cemas, terutama jika jarak antara tempat tinggal Anda dan pasangan nantinya begitu jauh. Memendam rasa takut tidak akan membuat Anda semakin kuat. Justru, sampaikan masalah ini kepada pasangan agar ia memahaminya.

Menentukan waktu untuk menelepon dan berkirim pesan
Ini merupakan salah satu tips terpenting sebelum menjalani LDR. Pasalnya, perbedaan jadwal kerja, jam tidur, dan zona waktu bisa memicu pertengkaran. Atur kapan saatnya menelepon dan berkirim pesan agar tidak mengganggu kesibukan satu sama lain.

Diskusikan pula faktor lain terkait pola komunikasi yang dapat memicu pertengkaran. Misalnya, apakah Anda nyaman dengan telepon yang masuk tiba-tiba, siapa yang menelepon lebih dulu, perlukah memberi kabar setiap hari, dan sebagainya.

Berpikir positif dan optimis
Alih-alih membuat hubungan asmara menjadi renggang, hubungan LDR yang sehat justru memperkuat ikatan emosional antara Anda dan pasangan. Perasaan sayang Anda kepada pasangan bahkan akan bertambah besar selama menjalani LDR.

Untuk bisa memperoleh manfaat ini, tips yang perlu Anda terapkan sebelum menjalani LDR adalah tetap berpikir positif mengenai hubungan Anda. Pikiran positif dapat membantu Anda berpikir lebih jernih dalam mengahadapi setiap situasi sulit dalam menjalani hubungan jarak jauh ini.

Mempercayai pasangan
Kepercayaan adalah fondasi dari setiap hubungan. Bahkan tak sedikit hubungan yang berakhir akibat masalah kepercayaan. Tanpa adanya kepercayaan, hubungan yang Anda jalani akan selalu terisi dengan perasaan curiga dan prasangka buruk.

Sedapat mungkin, hindari munculnya perasaan curiga dan pikiran negatif. Jangan membuat asumsi tanpa mengetahui kebenarannya. Jika pasangan Anda menunjukkan sikap yang berbeda, tanyakan alasannya secara langsung.

Ciptakan rutinitas sederhana yang menjaga keharmonisan hubungan
Menerapkan tips yang satu ini sebelum menjalani LDR akan menjaga hubungan Anda tetap harmonis. Alasannya tak lain karena rutinitas sederhana yang dilakukan bersama membuat Anda merasa tetap terhubung dengan pasangan.

Anda dan pasangan bisa saling berkirim pesan selamat pagi, menceritakan hal menarik yang terjadi pada pekan tersebut, dan masih banyak lagi. Jika pasangan Anda pulang secara berkala, bertemu untuk melepas kangen juga bisa menjadi salah satunya.

Hubungan LDR yang sukses dibangun berdasarkan kepercayaan, komunikasi yang baik, serta komitmen. Meskipun hubungan ini lebih menantang, Anda dan pasangan akan memperoleh hasil yang sepadan jika berhasil melaluinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here