Pada umumnya wanita memiliki kalender pribadi sebagai penanda datang bulan. Hal ini diperlukan setiap wanita untuk mengetahui apakah tubuh sedang dalam kondisi sehat atau tidak. Terkadang dengan memeriksa kalender datang bulan, kamu juga jadi tahu ternyata menstruasimu datang lebih cepat atau justru terlambat.

Umumnya, siklus menstruasi wanita adalah satu bulan. Siklus menstruasi paling pendek adalah 21 hari dan paling panjang adalah 35 hari. Setiap wanita bisa memiliki siklus menstruasi alami yang berbeda-beda dan bukan hal baru jika wanita bicara mengenai menstruasi yang datang lebih cepat atau lebih awal. Namun kebanyakan wanita tak tahu dan sering bertanya-tanya mengapa menstruasi datang lebih awal.

Dalam hal ini ada beberapa alasan mengapa menstruasi bisa datang lebih cepat seperti, pikiran yang stres dan gangguan emosional bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon. Gaya hidup yang tidak sehat dan tidak seimbang, konsumsi obat-obatan seperti pil KB atau atau kontrasepsi darurat juga bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon sehingga berpengaruh pada cepat atau lambatnya datang bulan.

Perbedaan sebanyak 5-7 hari dari jadwal biasanya bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan, selama tubuh tidak mengalami gejala mencurigakan lainnya. Namun jika lebih dari itu, bukan berarti kamu langsung panik ladie, kunjungilah dokter kandungan kamu dan berkonsulltasi.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here