Menyusui bukan hal yang mudah ya Moms. Seringkali harus melewati saat berdarah-darah baik fisik maupun emosi. Soalnya menyusui itu memang butuh kesiapan mom. Salah satu manfaat persiapan dini soal menyusui adalah kita lebih siap dengan berbagai masalah menyusui salah satunya ya puting lecet ini Moms. Masalah ini pasti sangat umum pakai banget deh dialami Mommy yang menyusui. Hayo siapa yang pernah ngerasain perihnya puting lecet boleh “cung” Moms?

ASI
Ini cara termudah dan termurah Moms, kita nggak perlu beranjak dari tempat duduk pula. ASI kita mengandung antibakteri alami jadi akan membantu mempercepat proses penyembuhan puting lecet ini Moms. Cukup kita oleskan saja beberapa tetes ASI pada puting yang luka dan tunggu sampai mengering. Lakukan ini sebelum dan setelah menyusui ya Moms.

Nah sebenarnya ada kok cara mudah dan murah mengatasi puting lecet yang bisa kita dapatkan dengan mudah di rumah Moms. Apa saja ya?

Kompres Air Hangat
Kompres air hangat akan memaksimalkan peredaran darah sehingga akan mempercepat proses penyembuhan. Nah kita bisa lakukan sebelum menyusui Moms agar dapat menurunkan nyeri dan memaksimalkan produksi ASI.

Madu
Madu punya kandungan antiradang, antiseptik hingga dapat melancarkan peredaran darah Moms, jadi madu memang sangat bermanfaat untuk mempercepat penyembuhan luka. Cukup oleskan sedikit madu setelah menyusui dan biarkan mengering. Kita boleh bilas dengan air hangat saat akan menyusui Moms jika kawatir dengan botulisme.

Minyak & Essential Oil
Kita bisa berikan olive oil, almon oil ataupun coconut oil alias minyak kelapa Moms setelah menyusui. Semua minyak ini akan melembabkan sehingga akan membuat kita lebih nyaman. Selain itu kita bisa gunakan essential oil seperti tea tree atau lavender oil yang mempunyai efek antiseptik & antioksidan yang akan mempercepat proses penyembuhan. Tapi jangan lupa bilas hingga bersih sebelum menyusui ya Moms.

Gel Lidah Buaya
Gel lidah buaya memang sudah terkenal mengatasi berbagai masalah kulit Moms karena kandungan antiradang plus mosturizer alami akan mempercepat proses penyembuhan luka. Tapi pastikan ya Moms kita bilas sebelum menyusui karena beresiko membuat bayi kita diare.

Pilih salah satu atau salah dua boleh kok Moms. Mau pakai semua cara juga boleh Moms. Yuk lah buat bumil kita siapkan amunisi sebelum berperang. Buat busui nggak papa kok siapkan amunisinya sekarang karena perjalanan masih panjang Moms. Yuk kita jadikan menyusui sebagai Mommet terindah yang penuh cinta walau kadang bikin kita meringis juga Moms! Yang penting Mommy happy baby healthy ya Moms.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here