Bulan pertama (minggu ke 1-4)

Minggu 1
Minggu pertama kehamilan dihitung sejak hari pertama menstruasi terakhir Ibu. Pada minggu pertama, belum ada janin yang terbentuk di dalam rahim Ibu. Dokter akan menghitung usia kehamilan Ibu dari hari terakhir menstruasi hingga minggu ke 40.

Minggu 2
Memasuki minggu kedua, Ibu mengalami ovulasi, yaitu lepasnya sel telur yang sudah matang ke saluran tuba fallopi dan siap dibuahi oleh sel sperma. Rahim Ibu mempersiapkan kehamilan dengan mempertebal dinding rahim untuk tempat menempelnya embrio.

Minggu 3
Memasuki minggu ketiga, janin sudah berbentuk blastokista yang merupakan hasil pertemuan sel telur dengan sel sperma, dan siap melakukan perjalanan dari tuba fallopi untuk menempel di rahim Ibu.

Minggu 4
Minggu keempat, terjadi penempelan (implantasi) embrio di dinding rahim Ibu. Embrio telah membelah dan memiliki tiga lapisan yang kelak akan menjadi organ-organ tubuh si Kecil, ectoderm, mesoderm, dan endoderm.

Bulan kedua (minggu ke 5-8)

Masuk bulan ke 2 minggu ke 5
Janin telah berukuran sebesar biji jeruk, dan terus tumbuh dengan cepat. Saat ini, jantung dan pembuluh darahnya mulai terbentuk.

Minggu ke 6
Si Kecil akan berukuran kurang lebih 5 seperempat inci dari kepala hingga bokong. Rahang, pipi, dan dagunya mulai terbentuk, titik hitam di wajah akan terbentuk menjadi mata si Kecil kelak. Selain itu, organ ginjal, hati dan paru-paru akan mulai terbetuk dan jantungnya sudah mulai berdetak.

Minggu ke 7
Si Kecil berukuran sebesar bluberi (10.000 kali lebih besar dari ukurannya saat pembuahan), dan otak si Kecil mulai terbentuk. Di periode yang sama, kaki dan tangannya akan mulai tebentuk, dan ginjal akan bergeser ke posisinya dan mulai membentuk urin.

Minggu ke 8
Si Kecil berukuran sebesar buah raspberi. Bibir, hidung, alis mata dan kaki mulai terbentuk. Dan meskipun Ibu belum dapat merasakan gerakannya, si Kecil sudah bisa menggerakkan kakinya.

Bulan ketiga (minggu ke 9-13)

Pada minggu ke 9
Si Kecil telah berubah dari embrio menjadi fetus atau janin, dengan ukuran kurang lebih 1 inci, kira-kira sebesar buah zaitun dan berbentuk seperti bayi. Otot-ototnya pun sudah mulai terbentuk, hingga gerakannya semakin kuat, meskipun Ibu belum bisa merasakannya.

Memasuki minggu ke 10
Janin berukuran 1 setengah inci dan sudah melompat di dalam rahim Ibu dan berukuran sebesar buahprune. Rangka dan tulang rawannya sudah terbentuk, siku dan lengan mulai bisa digerakkan meskipun ukurannya masih sangat kecil dan calon giginya terbentuk di bawah gusinya. Jika si Kecil berjenis kelamin laki-laki, testisnya sudah mulai memproduksi hormon testosteron.

Pada minggu ke 11
Si Kecil sudah berukuran kurang lebih 2 inci. Kuku tangan dan kakinya pun mulai terbentuk. Jika si Kecil berjenis kelamin perempuan, maka indung telurnya mulai berkembang.

Memasuki minggu ke 12
Si Kecil telah tumbuh hingga 2,5 inci dan memiliki berat kurang lebih setengah ons dengan ukuran sebesar buah plum. Sistem pencernaannya mulai bekerja, sumsum tulang mulai membentuk sel darah, dan kelenjar pituitary di otaknya mulai memproduksi hormon.

Minggu ke 13 Ibu memasuki trimester kedua perkembangan si Kecil. Ia telah berukuran sebesar buah peach, dengan ukuran kepalanya setengah dari ukuran seluruh tubuh.

Moms, jangan lupa baca part 2 nya besok… Jangan lupa di share kalau dirasa bermanfaat!

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here