Bulan keempat (minggu ke 14-17)

Minggu ke 14
Di periode ini, Ibu memasuki trimester kedua kehamilan. Mulai periode ini, si Kecil bisa tumbuh lebih cepat atau lebih lambat dari teman-teman sebayanya. Saat ini si Kecil berukuran sebesar kepalan tangan Ibu. Lehernya mulai memanjang dan kepalanya semakin tegak. Rambut kepala dan alisnya mulai tumbuh, seperti juga rambut halus di seluruh tubuhnya yang disebut lanugo yang berfungsi sebagai selimut penghangat untuk si Kecil sebelum deposit lemak dibawah kulitnya terbentuk.

Di minggu ke 15
Si Kecil telah berukuran sebesar jeruk navel. Saat ini, si Kecil mulai bisa melakukan gerakan bernafas dan menelan, dan bahkan bisa menghisap Ibu jarinya. Meskipun mungkin Ibu belum bisa merasakan gerakannya, si Kecil semakin aktif menendang, menekuk tangan dan kaki, dan menggerakkan lengan dan kaki.

Di minggu ke 16
Si Kecil berukuran 4 sampai 5 inci dan beratnya kurang lebih 3 sampai 5 ons. Ototnya semakin kuat dan wajahnya terlihat semakin menggemaskan, dengan mata dan telinga yang sudah tepat pada posisinya. Mata si Kecil mulai berfungsi, dan bisa bergerak ke kanan dan kiri.

Memasuki minggu ke 17
Si Kecil sudah seukuran telapak tangan Ibu. Jaringan lemaknya mulai berkumpul di bawah kulitnya, meskipun si Kecil masih tampak kurus, dan kulitnya masih transparan. Keterampilan penting untuk menghisap dan menelan sudah mulai berkembang agar si Kecil bisa menyusu saat sudah ia lahir.

Bulan kelima (minggu ke 18-22)

Minggu ke 18
Si Kecil berukuran 5,5 inci dan beratnya kurag lebih 5 ons. Saat ini Ibu bisa merasakan gerakan si Kecil, karena dia mulai aktif berputar, meninju dan menendang. Si Kecil juga mulai bisa menguap dan cegukan dan Ibu mungkin mulai bisa merasakan gerakannya.

Memasuki minggu ke 19
Si Kecil sudah berukuran sebesar buah mangga. Lapisan lemak (vernix caseosa) di atas kulitnya mulai terbentuk untuk melindunginya dari cairan amnion. Jika tidak, maka si Kecil akan tampak keriput saat lahir.

Saat minggu ke 20
Si Kecil sudah tumbuh seukuran buah blewah. Jika Ibu melakukan pemeriksaan USG, maka Ibu bisa melihat jenis kelamin si Kecil. Alat reproduksi si Kecil mulai terbentuk, misalnya indung telur dan vagina untuk bayi perempuan dan testis dan kantung kemaluan pada bayi laki-laki.

Memasuki minggu ke 21
Si Kecil mulai bisa menelan cairan ketuban, dan dia bisa merasakan apa yang Ibu makan.

Di minggu ke 22
Si Kecil berukuran 1 pon dan panjang 8 inci, kira-kira seukuran boneka kecil. Indera perasa, penglihatan, pendengaran dan pengecapan mulai berfungsi. Si Kecil mulai bisa mendengar suara Ibu, ayah, aliran darah Ibu, tv dan suara lain di sekitar Ibu.

Bulan keenam (minggu ke 23-27)

Memasuki minggu ke 23
Si Kecil berukuran panjang 8 inci dan berat 1 pon lebih.

Pada minggu ke 24
Si Kecil semakin menumpuk lemak di tubuhnya, sebagaimana tumbuhnya tulang, otot dan organ-organ tubuhnya. Saat ini wajah si Kecil sudah hampir sempurna terbentuk dengan helai rambut masih berwarna putih dan belum terbentuk pigmen.

Pada minggu ke 25
Paru-parunya mulai mulai membentuk kantung-kantung udara, tetapi belum siap untuk berfungsi menghirup udara. Lubang hidungnya telah terbentuk dan si Kecil mulai dapat berlatih untuk “bernafas”.

Minggu ke 26
Berat si Kecil kira-kira 2 pon dan panjangnya 9 inci. Si Kecil sudah bisa membuka matanya di minggu ini, setelah retina matanya berkembang, walau bagian mata yang berwarna (iris) masih belum punya pigmen, sehingga Ibu belum bisa mengetahui warna matanya.

Pada minggu ke 27
Si Kecil sudah memiliki organ pengecapan di lidahnya lebih banyak dari saat dia lahir. Sehingga dia lebih bisa merasakan apa yang Ibu makan melalui rasa air ketuban.

Part terakhir akan hadir esok hari ya Moms…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here