Bulan ketujuh (minggu ke 28-31)

Pada minggu ke 28
Si Kecil berukuran panjang 16 inci dengan berat badan 2,5 pon. Si Kecil saat ini mulai bisa mengedip, dan dia juga mulai bisa tertidur dan bermimpi.

Memasuki minggu ke 29
Si Kecil akan lebih banyak menumpuk lemak di dalam tubuhnya, dan rahim Ibu mungkin semakin sempit baginya utuk bergerak. Ibu mungkin bisa merasakan tendangan dan sikutan yang lebih kuat saat ini.

Di minggu ke 30
Si Kecil berukuran panjang 17 inci, dan berat 3 pon lebih. Minggu ini, otak si Kecil berkembang pesat dan lipatan-lipatan pada otaknya semakin banyak dan besar. Si Kecil akan mulai kehilangan rambut-rambut halusnya seiring dengan semakin banyaknya lemak di dalam tubuhnya.

Pada minggu ke 31
Otak si Kecil mulai tumbuh pesat, dan membuat sambungan antar sel saraf (neuron) semakin banyak dan kompleks agar ia siap untuk mempelajari hal-hal baru kelak. Saat ini si Kecil lebih sering tertidur dan Ibu bisa merasakan pola tidurnya, di mana ia akan lebih sedikit bergerak saat ia tertidur.

Bulan kedelapan (minggu ke 32-35)

Memasuki minggu ke 32
Si Kecil semakin sering berlatih untuk bertahan hidup di luar rahim, misalnya dengan melakukan gerakan menghisap, menelan, bernafas dan menendang. Minggu ini kulit si Kecil semakin tebal dan tidak lagi transparan. Pada minggu selanjutnya, antibodi dari Ibu mulai mengalir kepada si Kecil melalui tali pusatnya. Antibodi ini berguna untuk melindunginya dari berbagai kuman penyakit.

Pada minggu ke 33
Si Kecil berukuran kurang lebih panjangnya 20 inci dan memiliki berat 5 pon, dengan kuku yang mulai memanjang.
Pada minggu ke 34, si Kecil terus tumbuh dan berat badannya bisa baik setengah pon per minggu. Minggu ini, si Kecil dalam rahim Ibu mungkin sudah berada di posisi kepala di bawah, atau jika bokong di bawah, ia mungkin akan berputar sebentar lagi.

Bulan kesembilan (minggu ke 35-40)

Akhirnya Ibu sampai ke bulan ke sembilan. Saat ini si Kecil berukuran panjang 20 inci dan berat 6 pon. Sistem peredaran darah, otot dan tulangnya sudah matang untuk kehidupan diluar rahim. Tapi sistem pencernaannya belum siap, karena ia masih mendapat suplai nutrisi dari Ibu melalui tali pusatnya.

Memasuki minggu ke 37
Si Kecil sudah siap dilahirkan, dan bisa disebut cukup bulan saat ini. Namun bukan berarti ia berhenti tumbuh. Si Kecil terus tumbuh kira-kira setengah pon per minggu (meskipun setiap bayi bisa berbeda-beda).

Pada minggu ke 38
Semua sistem organ sudah siap berfungsi untuk si Kecil. Si Kecil masih terus meluruhkan lanugo (rambut halus) dan vernix caseosa (lapisan lemak di kulit) dan menimbun lemak dalam tubuhnya, sehingga Ibu bisa menciumi pipi tembemnya kelak ia sudah lahir. Paru-parunya akan memproduksi surfaktan, substansi yang berguna untuk pengembangan organ saat ia pertama kali bernafas.

Pada minggu ke 39
Kepala si Kecil sudah turun ke rongga panggul Ibu, sehingga Ibu bisa bernafas lebih lapang, tetapi mungkin sedikit tidak nyaman saat berjalan.

Dan selamat untuk Ibu, saat memasuki minggu ke 40, si Kecil sudah siap dilahirkan. Si Kecil mungkin belum mengenali wajah Ibu, namun dia sudah familiar dengan suara Ibunya. Dan jika si Kecil belum juga lahir pada minggu ke 40, dokter biasanya akan menunggu sampai minggu ke 42.

OK Moms, that’s all you need.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here