Kalau Kamu ingin memiliki kulit halus, lembut, kencang, kenyal, dan terlihat awet muda, perbanyaklah mengonsumsi makanan sehat. Terutama, makanan yang mengandung vitamin C, vitamin A, antosianin, protein, zinc, tembaga, dan alpha-hydroxy acids. Berbagai makanan dengan kandungan tersebut dipercaya mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh.

Vitamin A
Vitamin A adalah salah satu jenis antioksidan yang bisa merangsang produksi kolagen dan menangkal efek buruk paparan sinar UV. Vitamin A bisa Kamu dapatkan dengan mengonsumsi tomat, wortel, sayuran berdaun hijau, mangga, produk susu, ikan, udang, hati sapi, minyak hati ikan cod, dan telur.

Vitamin C
Sama seperti vitamin A, vitamin C juga mampu merangsang produksi kolagen di dalam tubuh dan melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, vitamin C juga bisa mencegah kulit kering, serta membantu memperlambat tanda-tanda penuaan dan keriput. Vitamin ini bisa kamu temukan di dalam jeruk, stoberi, pepaya, brokoli, dan sayuran berdaun hijau.

Antosianin
Selain kedua vitamin di atas, zat antosiain juga diketahui mampu meningkatkan produksi kolagen. Antosianin sendiri adalah pigmen warna yang terdapat di buah dan sayuran. Makanan yang mengandung antosianin meliputi anggur, delima, buah beri, tomat, dan kacang merah.

Protein
Tubuh mengubah asupan protein yang kita makan menjadi asam amino. Asam amino ini kemudian digunakan untuk membentuk jaringan tubuh dan kolagen. Protein didapat dengan mengonsumsi makanan laut, daging, susu, keju, yogurt, telur, kacang kedelai, dan ikan.

Alpha hydroxy acids (AHAs)
Alpha-hydroxy acids adalah kelompok asam alami yang ditemukan dalam makanan. AHA dapat membantu meningkatkan produksi kolagen dengan menghancurkan serat kolagen lama dan membuat yang baru. AHA dapat ditemukan dalam jeruk, apel, anggur, tebu, tomat, dan lemon.

Mineral
Zat mineral seperti selenium, zinc, dan tembaga memiliki fungsi penting dalam produksi kolagen. Zat ini juga berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit, membantu kulit melawan bakteri, dan menghasilkan kolagen.

So… untuk jadi cantik itu gak harus ribet kan, Ladies.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here