Sebagai seorang mahasiswa tentunya Kita sering kali mendapatkan kendala dari sisi keuangan. Hal tersebut bisa terjadi lantaran Kita hanya mengandalkan kiriman uang dari orang tua yang jumlahnya sering kali masih kurang dari biaya gaya hidup.

Jika berasal dari keluarga yang tidak berkecukupan tentunya akan merasa tidak enak jika meminta uang terus menerus. Oleh karenanya Kita sebagai mahasiswa harus mampu mengatur keuangan yang Kita miliki baik dari sisi gaya hidup yang lebih hemat maupun dengan cara menghasilkan keuangan sendiri.

Ini dia beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa Anda kerjakan selagi menjadi seorang mahasiswa. Berikut ulasan selengkapnya :

Guru Les Privat
Membuka usaha sendiri di saat masih menjadi mahasiswa tentunya bukan perkara mudah. Perlu perhatian penuh dan strategi yang matang selama eksekusinya, oleh karenanya cobalah pekerjaan yang tidak terlalu banyak berisiko akan kegagalan namun tetap memberikan pemasukan yang cukup.

Salah satunya adalah dengan menjadi guru les privat. Bayaran dari seorang guru les privat biasanya dihitung berdasarkan jumlah sesi yang diambil oleh anak didik, selain itu juga tergantung dari tingkat kesulitan mengajar pelajaran. Untuk guru les privat SBMPTN biasanya dibayar paling mahal dibandingkan guru les privat biasa.

Pengemudi Ojek Online
Jika Anda memiliki kendaraan pribadi seperti motor atau mobil, cobalah untuk mendaftarkan diri menjadi driver ojek online atau taksi online. Kelebihan dari pekerjaan ini tentu saja dilihat dari waktunya yang fleksibel selama masih memiliki keinginan untuk bekerja, uang pun akan tetap mengalir.

Namun yang perlu diingat dari menjadi ojek online adalah tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus rela berpanas-panasan dan kehujanan menunggu orderan datang. Selain itu tak sedikit pula penumpang yang menyebalkan, namun demikian hal tersebut adalah risiko dari pekerjaan yang diambil.

Penulis Artikel
Pekerjaan selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah dengan menjadi penulis artikel. Menjadi penulis bisa jadi salah satu pekerjaan yang mudah bagi sebagian orang, namun bisa jadi sebaliknya bila tidak terbiasa dengan deadline dan ketepatan pemilihan kata.

Seiring berkembangnya teknologi dan website-website beberapa perusahaan membutuhkan penulis lepas untuk mengisi kolom artikel yang berkaitan dengan produk yang mereka miliki.

Oleh karenanya dalam menulis artikel diwajibkan menggunakan kaidah Bahasa Indonesia yang benar dan tentunya ramah akan mesin pencarian atau yang biasa disebut dengan SEO (Search Engine Optimization) Friendly sehingga artikel yang ditulis berada pada urutan teratas dan produk yang dijual oleh perusahaan tersebut lebih dikenal masyarakat.

Social Media Influencer
Social media nyatanya saat ini pun digunakan untuk menghasilkan pemasukan melalui sistem endorsement oleh perusahaan kepada social media influencer. Social media influencer adalah mereka yang memiliki jumlah pengikut atau follower cukup banyak dan memiliki engagement cukup tinggi.

Tujuannya tentu saja untuk keperluan marketing produk kepada masyarakat, utamanya user instagram. Dengan menggunakan social media influencer pun belakangan ini terbilang cara paling murah dan manjur untuk meningkatkan brand awareness.

Jika memiliki follower yang banyak dan selalu menyajikan konten social media yang menarik, tak ada salahnya menawarkan paket endorse untuk menghasilkan pemasukan tambahan.

Barista
Salah satu spot yang cukup banyak dikunjungi oleh masyarakat kapanpun waktunya adalah café. Setiap café pastinya memerlukan tenaga yang ahli dibidang mengolah kopi, sehingga pelanggan akan tetap bertahan sekalipun harganya terbilang diatas rata-rata.

Jika tertarik dibidang kuliner, tak ada salahnya kursus menjadi barista yang tentunya cukup bermanfaat saat ingin melamar pekerjaan sebagai barista paruh waktu selama menjadi mahasiswa.

Blogger
Anda hobi menulis? Cobalah untuk memfokuskan diri menjadi blogger. Untuk mulai menjadi blogger pun terbilang cukup mudah, bahkan terbilang tanpa modal berupa uang. Anda bisa menggunakan domain gratis, dan setelah memiliki banyak pemasukan selanjutnya bisa membeli domain berbayar agar kredibilitas blog meningkat.

Menjadi seorang blogger dijaman sekarang ini lebih dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas. Selain itu skill menulis yang menggambarkan kepribadian Anda pun perlu ditekankan agar pembaca blog lebih mudah mengenali siapa Anda sebenarnya.

Dengan menjadi blogger, Anda bisa memasang spot iklan yang tarif nya pun terbilang tidak murah. Namun ingat saat Anda menjual spot iklan, pastikan Anda memang memiliki visitor yang besar. Hal tersebut bertujuan agar spot iklan yang Anda jual bisa semakin mahal.

Tetap Memprioritaskan Kuliah
Demikian lah beberapa pekerjaan yang bisa Anda kerjakan selama menjadi mahasiswa. Jangan berhenti belajar dan tetap fokus dengan kuliah Anda. Selamat mencoba!

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here