Moms persalinan pasti menjadi sesuatu yang ditunggu tapi juga seringkali membuat kita was-was. Terlebih bila kita pertama hamil, proses persalinan pasti membuat kita deg-degan. Gambaran tentang rasa sakitnya kontraksi, lamanya pembukaan hingga ketakutan kalau pembukaan tidak berlansung baik juga sering kali masih menghantui ibu hamil, meskipun bukan persalinan pertamanya. Karena tidak ada kehamilan dan persalinan yang sama kan Moms.

Terkadang ketakutan kita juga ada pada induksi persalinan Moms. Konon katanya induksi dengan obat itu rasa sakitnya berkali-kali lipat dari persalinan tanpa induksi. Jadi terkadang kita jadi takut kalau diinduksi dan akhirnya seringkali mencari cara alami melancarkan persalinan tanpa induksi obat. Nah kali ini zupermom akan membagikan fakta (bukan lagi mitos atau bahkan isapan jempol) soal induksi alami yang enak, nyaman dan bertahap. Yups betul Moms menggunakan kurma.

Kurma dapat mempercepat pembukaan
Dari penelitian Razai et al (2017) didapatkan bahwa kurma tidak akan memajukan tanggal persalinan Moms, tetapi dapat mempercepat proses pembukaan. Hal ini sesuai dengan 4 penelitian lainnya dari al Kuran et al (2011), Kordi (2014), Jajidi (2015) dan Ahmed et al (2018) yang semuanya menyebutkan jika konsumsi kurma 6-8 butir sehari selama 1 bulan sebelum taksiran persalinan akan mempercepat pembukaan meskipun pada ibu yang baru pertama melahirkan.

Karena menurut beberapa peneliti diatas Moms, kurma itu punya efek meningkatkan sensitivitas otot rahim pada oksitosin, sehingga saat persalinan tiba otot rahim akan merespon lebih baik dan cepat oksitosin yang dihasilkan tubuh sehingga pembukaan dan penipisan jalan lahir akan berlangsung lebih cepat. Jadi kita tidak perlu diinduksi yang menyakitkan itu Moms.

Kurma dapat menurunkan perdarahan saat persalinan
Penelitian Khadem et al (2007) menunjukkan bahwa pemberian kurma tepat setelah bayi lahir sebelum lahirnya plasenta ternyata jauh menurunkan perdarahan dibandingkan dengan suntikan oksitosin. Jadi hanya dengan memakan kurma saat persalinan sebanyak 4-6 butir kita sudah bisa menurunkan perdarahan lho Moms.

Kurma dapat membuat bayi lahir lebih sehat
Jadi Moms konsumsi kurma selama 1 bulan sebelum persalinan ternyata juga akan membuat bayi kita lebih sehat saat lahir lho. Mulai dari pernapasan, denyut jantung dan kesehatan bayi lainnya yang biasa disebut APGAR score oleh dokter.

Nah Moms, masih berpikir lagi nih untuk konsumsi kurma di akhir kehamilan? Aman kok, tidak akan membuat kontraksi sebelum waktunya. Kurmanya apa saja Moms? Boleh apa saja Moms, muda, ruthob atau tamr juga boleh. Yang penting bukan kurma yang ditambahi pemanis ya Moms.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here