Masalah kegemukan atau lipatan lemak seringkali bikin stres banyak orang. Sayangnya masih banyak orang yang melakukan diet dengan salah kaprah. Akibatnya, orang bisa jatuh sakit karena diet ketat yang keliru tadi.

Padahal cukup dengan melakukan pola hidup sehat dan bijak dalam memilih makanan, sudah bisa menjadi alarm bagi tubuh.

  1. Sebelum makan, tanyakan pada diri sendiri mengapa Anda makan
    Pertanyaan tersebut berguna untuk mengetahui apakah benar-benar merasa lapar atau karena merasa stres atau cemas.
  2. Jangan melewatkan jadwal makan
    Jangan melewatkan jadwal makan terutama sarapan pagi, karena hal tersebut justru akan membuat seseorang tidak dapat mengontrol porsi makan saat makan siang atau makan malam.
  3. Singkirkan makanan tak sehat
    Ini adalah faktor psikologis. Jika terlalu dekat dengan makanan tak sehat di dapur atau kulkas, mau tak mau bisa tergoda.
  4. Minum segelas air sebelum makan
    Minum segelas air sebelum makan bisa membuat perut merasa kenyang lebih cepat dan mengurangi asupan kalori secara keseluruhan.
  5. Makan lebih banyak buah dan sayuran
    Buah dan sayuran dikemas dengan serat larut dan tidak larut yang mengisi perut dengan cepat namun tidak menambah banyak kalori ke tubuh kita. Namun saat membuat jus buah sebaiknya tak lagi menambahkan gula.
  6. Hindari makanan olahan
    Makanan olahan dikemas dengan garam dan aditif lainnya yang membuat tubuh tak sehat hingga kecanduan memakannya tanpa henti.
  7. Kurangi asupan gula
    Faktanya bahwa penyakit diabetes dan metabolik telah meningkat sejak beberapa dekade terakhir. Masyarakat sulit untuk melepaskan diri dari gula karena sebagian besar makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari kaya gula.
  8. Jangan makan karbohidrat olahan
    Karbohidrat olahan seperti roti putih, tepung putih, dan pasta yang membuat asupan kehilangan semua kandungan nutrisi dan serat. Makanan dengan karbohidrat olahan dapat memicu diabetes.
  9. Latihan fisik atau olah raga secara teratur
    Latihan fisik atau olah raga secara teratur dapat membuat seseorang lebih dapat rileks dan terhibur.
  10. Dapatkan tidur yang cukup
    Tidur dengan kualitas dan kuantitas yang cukup dapat memiliki berbagai manfaat, termasuk bermanfaat memberikan pikiran yang jernih saat seseorang sedang menyelesaikan masalah.
  11. Dapatkan dukungan dari teman dan keluarga
    Dukungan dari teman dan keluarga tentunya dapat menguatkan seseorang yang sedang menghadapi masalah yang cukup berat, sehingga dapat mengurangi stres akibat masalah tersebut.

Semoga informasinya bermanfaat.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here