Penyebab utama wanita mudah lapar saat menstruasi adalah fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang dimulai sejak sebelum masa haid. Hormon tubuh akan mengalami banyak perubahan saat menstruasi tiba. Bahkan hal ini sering terjadi sebelum menstruasi tiba.

Salah satu efek tak menyenangkan karena perubahan hormon saat menstruasi adalah mudah lapar atau ingin makan banyak. Ketika menstruasi datang, tubuh akan membakar 15 persen lebih banyak kalori dan menyebabkan tubuh merasa lebih lapar.

  • Perbanyak minum air putih
    Saat menstruasi tubuh memerlukan banyak energi, minum air putih yang cukup agar kamu tidak dehidrasi. mengkonsumsi air putih dapat menahan rasa lapar lo ladies.
  • Bersikap baik pada diri sendiri
    Tekankan untuk baik Pada diri sendiri. Turuti apa yang kamu inginkan jika itu memang tak bisa ditahan. Daripada nantinya kamu merasa lapar dan uring-uringan, lebih baik makan. Meskipun sedikit-sedikit saja asal membuatmu bahagia.
  • Jangan bandingkan diri sendiri dengan orang lain
    Tentu saja efek haid pada setiap wanita berbeda, jangan membandingkan apa yang kamu alami dengan orang lain. Apalagi tentang nafsu makan. Jika kamu merasa nafsu makan terlalu tinggi, minum air lebih banyak sehingga tak perlu makan berlebihan.
  • Imbangi dengan olahraga dan makanan yang sehat
    Ketika lapar, kurangi nasi dan perbanyak sayuran. Pilih makanan yang sehat dan mengenyangkan. Karena sadar banyak makan, kamu bisa mengimbanginya dengan menambah aktivitas fisik seperti olahraga 30 menit per hari. Olahraga juga bisa meringankan kram perut, jadi kamu bisa mendapat manfaat berlipat kan?
  • Pilih camilan yang baik
    Jika ingin camilan, makanlah buah sebagai camilan manis. Jika ingin makan makanan gurih asin, pilih yang rendah kalori seperti kacang-kacangan, popcorn, dan kuaci.

Meskipun pada kenyataannya kamu tak suka jika nafsu makan tinggi dan selalu lapar saat haid, namun kamu perlu merasa baik tentang diri sendiri selama haid agar perasaan juga tetap terjaga, jadi kamu tidak perlu stres.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here