“Keputihan” adalah hal yang tidak asing bagi wanita. Masalah kebersihan daerah kewanitaan memang harus dijaga dengan baik. Kesehatannya perlu dijaga, jika dibiarkan dapat menyebabkan gangguan kesehatan salah satunya adalah keputihan. Meskipun sepele, keputihan juga dapat menyebabkan masalah serius.Selain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari, keputihan juga berdampak buruk pada terganggunya aktivitas sehari-hari karena kondisi terlalu lembab atau basah pada area miss V.

Salah satu cara untuk mengatasi keputihan adalah dengan mengonsumsi pisang secara rutin. Pisang merupakan obat alami untuk menghilangkan keputihan. Wanita yang mengalami keputihan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi 2 buah pisang setiap harinya untuk menghilangkan keputihan yang dialami.

Didalam satu buah pisang mengandung 10 mg vitamin c yang baik untuk daya tahan tubuh. Potassium 400 mg, zat yang bisa menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh kita. Selain itu bisa mencegh kram otot setelah berolahraga. Serat 3 gr, vitamin B6, mangan, dan lain lain.

Selain mengonsumsi buah pisang. Menjaga kebersihan daerah kewanitaan juga sangat penting kamu lakukan. Jangan malas mengganti pakaian dalam kamu ketika basah. Menghindari makanan yang dapat memicu keputihan. Dan yang terpenting segera periksakan diri ketika keputihan mulai mengganggu.

  1. Cuka apel
    Menuru penelitian, cuka apel dikenal sebagai bahan pencuci vagina dan mampu mengatasi infeksi bakteri penyebab vaginosis bakterialis, vaginitis dan kandidiasis. Cuka apel sangatlah bagus untuk menjaga keseimbangan pH pada vagina karena mengandung antispetik dan sama yang bisa menghilangkan bau tak sedap dari keputihan.
  2. Plain yogurt
    Yogurt dikenal mengandung bakteri lactobacillus yang tinggi, yang berkhasiat untuk menjaga pH area kewanitaan. Bakteri ini bisa mengobati infeksi jamur pada vagina yang menyebabkan keputihan.
  3. Pisang
    Pisang mengandung glikemik yang berfungsi sebagai pengganti gula sehari-hari. Gula dikenal dapat memicu pertumbuhan jamur penyebab keputihan, maka dari itu kamu perlu mengonsumsi pisang secara rutin.
  4. Delima
    Buah delima merupakan buah yang bermanfaat. Setiap bagian delima seperti akar, buah, kulit batang, bunga, dan kulit buah bagus untuk kesehatan karena mengandung saponin dan flavonoida. Buah demila seringkali dimanfaatkan untuk mengobati keputihan kaarena bisa membunuh bakteri dan infeksi jamur.
  5. Cranberry
    Tidak kalah dengan bahan alami lainnya, cranberry mengandung antibiotik, anti-jamur, dan antioksidan yang mencegah bakteri berkembang pada vagina sehingga bisa mengatasi masalah keputihan.

Nah, itu dia beberapa bahan alami yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi keputihan. Kamu bisa membuatnya bahan tersebut menjadi jus atau dimakan langsung. Selamat mencoba!

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here