Mungkin kamu tidak menyadari bahwa beberapa standar kecantikan yang diketahui masyarakat awalnya dibuat oleh perusahaan produk kecantikan yang hanya menginginkan produknya terjual. Hal ini bisa membuat kamu merasa tidak nyaman dengan tubuh dan diri sendiri, sehingga selalu berkecil hati jika berada di sekitar orang-orang yang cantik menurut anggapan umum.

Terus menerus mengikuti tuntutan standar kecantikan ideal dari budaya atau masyarakat umum yang hanya menitikberatkan dan mementingkan kecantikan fisik, berisiko membuat kamu mengalami gangguan kesehatan fisik dan mental.

Terus ingatkan pada diri sendiri dan orang di sekitar kamu bahwa nilai dan kualitas terbaik mereka bukanlah mengenai penampilan fisik. Namun, lebih mengutamakan apa yang mereka lakukan dan nilai-nilai penting lainnya, seperti kepribadian yang baik, kebijaksanaan, dan kegigihan.

Berikut ini cara agar terlihat cantik, menarik, dan tetap sehat, yang bisa kamuterapkan:

Kecantikan non-fisik
Temukanlah definisi cantik yang tidak sekadar menonjolkan penampilan fisik semata. Kamu bisa lebih menonjolkan kualitas di dalam diri, contohnya kepribadian, hubungan sosial dengan orang lain, maupun cara kamu melihat dunia.

Tersenyumlah
Sebagaimana kamu senang melihat orang yang tersenyum, orang lain pun akan senang melihat dan mendapatkan sebuah senyuman. Tersenyum diketahui bisa meningkatkan suasana hati kamu.

Kurangi pemakaian kosmetik
Cobalah untuk tidak mengenakan kosmetik selama dua hari atau lebih. Hal ini akan menguntungkan kulit kamu, yaitu membuatnya tetap sehat dan bersih. Begitu juga dengan pakaian. Gunakanlah pakaian yang nyaman bagi kamu.

Kesehatan yang utama
Utamakan kesehatan tubuh dan bukan penampilan. Melakukan diet untuk memperbaiki asupan nutrisi, lebih besar dampaknya bagi kesehatan dibandingkan jika kamu hanya melakukannya untuk terlihat seperti model busana.

Jauhi cermin
Jika perlu, beristirahatlah dari memandangi cermin untuk sementara waktu dan fokuslah pada apa yang kamu rasakan. Sadarilah bahwa bukan orang lain yang sebenarnya suka mengkritik, namun diri sendiri. Terimalah diri sendiri apa adanya dan syukuri anugerah tersebut.

Tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain
Semua orang tercipta dengan kepribadian dan daya tarik tersendiri. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain, apalagi dengan orang yang usianya berbeda dengan kamu atau dengan bintang film maupun model tenar. Hal ini bisa memicu frustrasi hingga depresi.

Berpaling ke ‘orang dekatmu’
Kamu mungkin selalu merasa tidak cantik, terlalu gemuk, atau memerlukan pengakuan dari orang lain tentang penampilanmu. Jika ini terjadi, berpalinglah pada orang-orang terdekat yang telah mengenal kamu sejak lama dan tidak memedulikan atau menganggap penting penampilan luar kamu, melainkan hanya melihat “inner beauty” kamu.

Istirahat dan olahraga secukupnya
Miliki waktu tidur dan olahraga yang cukup. Kekurangan waktu tidur dapat meningkatkan kadar hormon kortisol, yang menyebabkan berkurangnya kandungan kolagen dalam kulit sehingga muncul keriput. Sementara olahraga rutin dapat menjaga kondisi kulitmu dan membuat kamu terlihat bugar.

Cukup minum air putih
Hindari dehidrasi. Tubuh yang terhidrasi dengan cukup akan memiliki kelembapan kulit yang baik, sehingga elastisitasnya pun terjaga.

Jauhi pikiran negatif
Terlalu banyak khawatir juga dapat meningkatkan kadar hormon stres (kortisol) pemicu keriput dan kulit kering. Maka dari itu, perbanyaklah melakukan hal yang membuat kamu merasa bahagia.

Menjaga postur tubuh yang benar
Latih atau mulailah kebiasaan berdiri atau duduk dengan postur tubuh yang tegak. Postur tubuh yang baik mendukung kesehatan tubuh, sekaligus meningkatkan suasana hati dan kepercayaan dirimu.

Cara agar terlihat cantik yang utama adalah memiliki optimisme, selalu bersyukur, dan dapat menerima diri sendiri apa adanya. Love yourself, Ladies.

Tinggalkan pesan

Please enter your comment!
Please enter your name here